S0513: Create Your Own Podcast (Dari IG Live @Blogfam)

Ini adalah episode spesial satu jam yang merupakan rekaman dari Instagram Live Blogfam. Blogfam adalah komunitas blogger tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 2003. Di IG live dengan host Salman, seorang anggota senior  Blogfam dan juga seorang travel blogger, kita ngobrolin macam-macam hal seputar podcast, menjawab pertanyaan dari teman2 yang menonton dan untuk menunjukkan betapa mudahnya membuat podcast, dan juga mecontohkan untuk membuatnya secara live ketika itu. Oya karena ini adalah komunitas blogger, ada satu tips penting buat teman-teman blogger yang mau coba merambah ke dunia podcast. Episode IG Live ini diunggah dengan seizin teman-teman Blogfam. Versi videonya bisa dilihat di Instagram @Blogfam dan juga di aggregator mereka di blogfam.com.

– 

Suarane Podcast adalah podcast yang berbagi informasi seputar dunia Podcast dan dibawakan oleh Rane Hafied dari Bangkok, Thailand. Podcast ini bisa didengarkan di berbagai aplikasi podcast atau langsung ke website https://suarane.org. Kontak: suarane@gmail.com atau Instagram @SuaranePodcast.


Credits: Musik yang dipakai di episode ini adalah “Protofunk” by Kevin MacLeod – License: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ | CoverArt: @Blogfam

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message

S0512: Start Here to Connect

Podcast bertema parenting rasanya sudah banyak sekali ditemui. Tapi kali ini Suarane Podcast mau memperkenalkan podcast pendatang baru yang juga mengambil tema parenting, tapi dengan sudut pandang yang berbeda dan menarik. Start Here to Connect, nama podcastnya, dibawakan oleh Inez Natalia, seorang certified conscious parenting coach yang ingin berbagi pentingnya memulai perjalanan menjadi orang tua bahkan sejak sebelum menjadi orang tua. Apa maksudnya? Kita tanya saja langsung dengan Inez 🙂

Suarane Podcast adalah podcast yang berbagi informasi seputar dunia Podcast dan dibawakan oleh Rane Hafied dari Bangkok, Thailand. Podcast ini bisa didengarkan di berbagai aplikasi podcast atau langsung ke website https://suarane.org. Kontak: suarane@gmail.com atau Instagram @SuaranePodcast.


Credits: Musik yang dipakai di episode ini adalah “Protofunk” by Kevin MacLeod – License: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ | CoverArt: Start Here To Connect Podcast (Inez Natalia)

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message

S0511: Podcast Monolog (Bagian 2)

Obrolan tentang Podcast Monolog di bagian 2 ini semakin seru! Kita membahas macam-macam hal mulai dari tips membuat podcast monolog, bagaimana kalau ada masalah di tengah-tengah rekaman, dan juga kita akan berkenalan dengan satu lagi podcaster monolog yang sudah menghasilkan 200 podcast dalam setahun. Obrolan ini juga akan melibatkan beberapa teman dari The Podcasters Indonesia. Di akhir sekali kita akan ngobrol dengan Pak Lurah The Podcasters Indonesia yang sudah memfasilitasi rekaman 2 episode Suarane Podcast kali ini.

Terima kasih banyak untuk Mantjah, Ibhi, Dipta, Budi, Ubai, Mizter Popo dan juga kepada teman-teman dari grup Discord The Podcasters Indonesia yang sudah ikut berpartisipasi. 

— 

Suarane Podcast adalah podcast yang berbagi informasi seputar dunia Podcast dan dibawakan oleh Rane Hafied dari Bangkok, Thailand. Podcast ini bisa didengarkan di berbagai aplikasi podcast dan juga di website https://suarane.org. Kontak: suarane@gmail.com atau Instagram @SuaranePodcast.


Credits: Musik yang dipakai di episode ini adalah “Protofunk” by Kevin MacLeod – License: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ | CoverArt: Peggy_Marco (Pixabay.com) 

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message

Pemula? Start di Sini!

Apakah kalian ingin memulai bikin podcast tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Atau minimal ingin berkenalan dulu lah dengan mahluk bernama podcast? Ayo kita start dari sini!

Kalau sudah start, jangan menoleh ke belakang lagi. Lari terus!!! hehehe

Oya, silakan bagi artikel ini untuk teman-teman kalian yang lagi mikir-mikir mau bikin podcast. Salam ya dari gue 🙂 Bilangin, nggak usah pakai mikir. Langsung mulai. Jangan malu-malu menghubungi kalau mau tahu lebih jauh. Kontak gue ada di akhir artikel.

Ciek, duo, tigo, lets gooo!!! 🙂

~~~

Apa itu podcast?

Pertanyaan paling awal buat yang benar-benar awam soal podcasting tentu saja adalah mahluk apa itu podcast? Temui jawabannya di sini:

https://suarane.org/apa-itu-podcast/

Bersuara di Podcast

Satu hal yang selalu saja jadi kendala bagi mereka yang mau memulai podcast adalah tidak percaya diri pada suara sendiri, karena berbagai macam hal. Nah, episode podcast yang satu ini akan menjawab segala mitos tentang suara yang baik dan tidak baik, serta bagaimana teknik-teknik mengolah suara.

https://suarane.org/s0403-bersuara-di-podcast/

Semua Ada di Genggaman!

Saat ini membuat podcast semakin mudah karena bisa dilakukan dari perangkat yang ada di genggaman tangan nyaris semua orang yaitu ponsel pintar. Nah, artikel berikut ini berbagi tips tentang cara merekam dengan ponsel:

https://suarane.org/tips-merekam-podcast-dengan-ponsel/

Ayo Langsung Mulai!

Nah, berbekal ponsel pintar di genggaman dan aplikasi yang bernama Anchor, langsung saja kita coba bikin podcast. Nggak usah pakai mikir hehe

Pertama install dulu aplikasi bernama Anchor di sini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=fm.anchor.android (Android)
https://apps.apple.com/us/app/anchor/id1056182234 (iOS)

Selanjutnya langsung registrasi dan kita siap bikin podcast.

Berikut adalah tutorial membuat podcast dengan cepat. Dijamin langsung bisa!

https://www.youtube.com/watch?v=ovg0Q-BJgPM&t=57s

Ikuti setiap petunjuknya dan Bismillah! Bisa! 🙂

~~~

Podcasting Tingkat Lanjut

Sampai di sini seharusnya teman-teman sudah bisa mulai membuat podcast. Nah kalau mau memiliki kendali lebih besar pada podcastnya, misalnya mau di edit agar lebih rapi, mau memasukkan unsur musik, efek suara dll, mari kita belajar lebih lanjut.

Tapi sebelumnya ini beberapa rekomendasi alat paling standar yang bisa digunakan.

https://suarane.org/s0506-alat-podcast-paling-standar-tapi-bagus/

Kalau mau tahu alat apa yang dipakai oleh Suarane Podcast, silakan lihat di video ini:

https://www.youtube.com/watch?v=KNHP6gk4Pgc

Nah, dengan berbekal alat-alat sederhana tadi, diasumsikan kita sudah bisa membuat rekaman untuk podcast. Tinggal bagaimana mengeditnya dengan menggunakan software yang sederhana, gratis tapi bisa diandalkan. Namanya Audacity (tersedia untuk Linux, Windows dan Mac). Tinggal unduh Audacity ke komputer kalian dari situs web ini:

https://audacityteam.org

Berbekal Audacity, mari kita belajar mengedit podcast dengan berpandu pada tiga video berikut ini

1. Tutorial Editing Dasar dengan Audacity

https://www.youtube.com/watch?v=AvhftR0CtSI&t=1s2. 

2. Tutorial Mixing dengan Audacity

https://www.youtube.com/watch?v=rb49E_A_jfA&t=98s3. 

3. Tutorial untuk Memastikan Kualitas Rekaman yang Baik

https://www.youtube.com/watch?v=eamTGl_-akw&t=801s

Nah, sampai di sini, seharusnya kalian sudah bisa memulai bikin podcast!

Selanjutnya di suarane.org tersedia banyak episode podcast dan juga artikel-artikel mengenai podcast yang bisa kalian akses.

Kalaupun masih ada pertanyaan, hubungi saja saya di sini atau langsung ke email: suarane@gmail.com atau DM di Instagram @SuaranePodcast.

Insya Allah saya selalu berusaha membalas setiap pertanyaan yang masuk

Semangatt!!

Bangkok, 27 April 2020

-Rane

Pemula? Start di Sini!

Apakah kalian ingin memulai bikin podcast tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Atau minimal ingin berkenalan dulu lah dengan mahluk bernama podcast? Ayo kita start dari sini!

Kalau sudah start, jangan menoleh ke belakang lagi. Lari terus!!! hehehe

Oya, silakan bagi artikel ini untuk teman-teman kalian yang lagi mikir-mikir mau bikin podcast. Salam ya dari gue 🙂 Bilangin, nggak usah pakai mikir. Langsung mulai. Jangan malu-malu menghubungi kalau mau tahu lebih jauh. Kontak gue ada di akhir artikel.

Ciek, duo, tigo, lets gooo!!! 🙂

~~~

Apa itu podcast?

Pertanyaan paling awal buat yang benar-benar awam soal podcasting tentu saja adalah mahluk apa itu podcast? Temui jawabannya di sini:

https://suarane.org/apa-itu-podcast/

Bersuara di Podcast

Satu hal yang selalu saja jadi kendala bagi mereka yang mau memulai podcast adalah tidak percaya diri pada suara sendiri, karena berbagai macam hal. Nah, episode podcast yang satu ini akan menjawab segala mitos tentang suara yang baik dan tidak baik, serta bagaimana teknik-teknik mengolah suara.

https://suarane.org/s0403-bersuara-di-podcast/

Semua Ada di Genggaman!

Saat ini membuat podcast semakin mudah karena bisa dilakukan dari perangkat yang ada di genggaman tangan nyaris semua orang yaitu ponsel pintar. Nah, artikel berikut ini berbagi tips tentang cara merekam dengan ponsel:

https://suarane.org/tips-merekam-podcast-dengan-ponsel/

Ayo Langsung Mulai!

Nah, berbekal ponsel pintar di genggaman dan aplikasi yang bernama Anchor, langsung saja kita coba bikin podcast. Nggak usah pakai mikir hehe

Pertama install dulu aplikasi bernama Anchor di sini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=fm.anchor.android (Android)
https://apps.apple.com/us/app/anchor/id1056182234 (iOS)

Selanjutnya langsung registrasi dan kita siap bikin podcast.

Berikut adalah tutorial membuat podcast dengan cepat. Dijamin langsung bisa!

https://www.youtube.com/watch?v=ovg0Q-BJgPM&t=57s

Ikuti setiap petunjuknya dan Bismillah! Bisa! 🙂

~~~

Podcasting Tingkat Lanjut

Sampai di sini seharusnya teman-teman sudah bisa mulai membuat podcast. Nah kalau mau memiliki kendali lebih besar pada podcastnya, misalnya mau di edit agar lebih rapi, mau memasukkan unsur musik, efek suara dll, mari kita belajar lebih lanjut.

Tapi sebelumnya ini beberapa rekomendasi alat paling standar yang bisa digunakan.

https://suarane.org/s0506-alat-podcast-paling-standar-tapi-bagus/

Kalau mau tahu alat apa yang dipakai oleh Suarane Podcast, silakan lihat di video ini:

https://www.youtube.com/watch?v=KNHP6gk4Pgc

Nah, dengan berbekal alat-alat sederhana tadi, diasumsikan kita sudah bisa membuat rekaman untuk podcast. Tinggal bagaimana mengeditnya dengan menggunakan software yang sederhana, gratis tapi bisa diandalkan. Namanya Audacity (tersedia untuk Linux, Windows dan Mac). Tinggal unduh Audacity ke komputer kalian dari situs web ini:

https://audacityteam.org

Berbekal Audacity, mari kita belajar mengedit podcast dengan berpandu pada tiga video berikut ini

1. Tutorial Editing Dasar dengan Audacity

https://www.youtube.com/watch?v=AvhftR0CtSI&t=1s2. 

2. Tutorial Mixing dengan Audacity

https://www.youtube.com/watch?v=rb49E_A_jfA&t=98s3. 

3. Tutorial untuk Memastikan Kualitas Rekaman yang Baik

https://www.youtube.com/watch?v=eamTGl_-akw&t=801s

Nah, sampai di sini, seharusnya kalian sudah bisa memulai bikin podcast!

Selanjutnya di suarane.org tersedia banyak episode podcast dan juga artikel-artikel mengenai podcast yang bisa kalian akses.

Kalaupun masih ada pertanyaan, hubungi saja saya di sini atau langsung ke email: suarane@gmail.com atau DM di Instagram @SuaranePodcast.

Insya Allah saya selalu berusaha membalas setiap pertanyaan yang masuk

Semangatt!!

Bangkok, 27 April 2020

-Rane

S0510: Podcast Monolog (Bagian 1)

Podcast Monolog atau podcast yang hanya dibawakan oleh satu orang sekilas terkesan mudah. Kalau hanya urusan bicara, mungkin memang mudah bagi banyak orang, tapi tidak semua bisa menarik perhatian orang untuk mendengarkan. Dalam dua episode mulai minggu ini, kita akan mendengarkan cerita dari sejumlah podcaster yang sudah pernah dan masih menggunakan gaya monolog ini dalam podcastnya. Mereka akan berbagi beragam tips mulai dari durasi, pemilihan tema, pemilihan angle, penggunaan skrip atau non-skrip dan masih banyak lagi. 

– Terima kasih untuk Mantjah, Ibhi, Dipta dan juga kepada teman-teman dari grup Discord The Podcasters Indonesia yang sudah ikut berpartisipasi. Episode ini dan juga episode berikutnya direkam menggunakan Discord.

– Jangan lewatkan bagian berikutnya yang akan menghadirkan tips-tips monolog dari sejumlah podcaster lainnya.

Suarane Podcast adalah podcast yang berbagi informasi seputar dunia Podcast dan dibawakan oleh Rane Hafied dari Bangkok, Thailand. Podcast ini bisa didengarkan di berbagai aplikasi podcast dan juga di website https://suarane.org. Kontak: suarane@gmail.com atau Instagram @SuaranePodcast.


Credits: Musik yang dipakai di episode ini adalah “Protofunk” karya Kevin MacLeod (incompetech.com). Licensed under Creative Commons: By Attribution 3.0 License | CoverArt: Ryan McGuire(Pixabay.com)

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message

[Video] Tips Editing Bag.3

Di episode ini kita akan membahas tentang kualitas suara hasil rekaman. Ada dua bagian penting yang dibahas di sini. Pertama persiapan menjelang rekaman yang mencakup ambiance di lokasi rekaman, pengaturan mikrofon hingga menghindari suara-suara tidak enak dari mulut. Kedua, adalah memperbaiki kualitas rekaman dengan noise atau suara latar yang jelek.

Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini atau langsung ke channel: Youtube.com/SUARANE.

Credits:

  • Musik yang dipakai di episode ini adalah “Protofunk” karya Kevin MacLeod (incompetech.com). Licensed under Creative Commons: By Attribution 3.0 License
  • Ilustrasi: Pixabay.com

Pertanyaan dan komentar bisa dikirim ke suarane@gmail.com

S0509: Suarane Podcast Mau Pindah ke YouTube?

Ini hanya episode singkat untuk menjawab dua macam pertanyaan yang diterima dari teman-teman baik Suarane Podcast akhir akhir ini yakni: (1) Ke mana saja podcast ini tidak pernah diupdate? Apa benar Suarane podcast mau pindah ke Youtube? Ngapain sih Suarane sampai menggalang recehan di podcastnya? Hahaha..  dan (2) Bagaimana kondisi gue dan keluarga di Bangkok di tengah pandemi Covid-19. Terima kasih untuk pertanyaannya dan semoga episode singkat ini bisa menjawabnya. 😉  

Credit: 

Episode ini direkam dengan aplikasi Audio Evolution Mobile tanpa mikrofon tambahan apapun. Hanya mengandalkan mikrofon di ponsel. Mixing dan editing dilakukan dengan aplikasi Anchor. Artwork diambil dari Pixabay. – Podcasting itu gampang kan? Modal ponsel juga jadi, kok!

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message

S0509: Suarane Podcast Mau Pindah ke YouTube?

Ini hanya episode singkat untuk menjawab dua macam pertanyaan yang diterima dari teman-teman baik Suarane Podcast akhir akhir ini yakni: (1) Ke mana saja podcast ini tidak pernah diupdate? Apa benar Suarane podcast mau pindah ke Youtube? Ngapain sih Suarane sampai menggalang recehan di podcastnya? Hahaha..  dan (2) Bagaimana kondisi gue dan keluarga di Bangkok di tengah pandemi Covid-19. Terima kasih untuk pertanyaannya dan semoga episode singkat ini bisa menjawabnya. 😉  

Credit: 

Episode ini direkam dengan aplikasi Audio Evolution Mobile tanpa mikrofon tambahan apapun. Hanya mengandalkan mikrofon di ponsel. Mixing dan editing dilakukan dengan aplikasi Anchor. Artwork diambil dari Pixabay. – Podcasting itu gampang kan? Modal ponsel juga jadi, kok!

Send in a voice message: https://anchor.fm/suarane/message