Kampung Sembilangan dan Peranan Pemudanya

  Pesisir Sembilangan - Foto by: Roron UP   Waktu terus bergerak cepat, setahun bagai sebulan, sebulan bagai satu pekan, satu pekan bagai satu hari, satu hari bagai satu jam, satu jam bagai satu menit, dan satu menit bagai satu detik. Riuh angin yang terus berhembus, melempar debu-debu jauh dari tempatnya, membuat daun-daun gugur dari rantingnya.  Air laut yang pasang surut, ditambah

Hai Lelaki, Seberapa Algojonya Dikaauuu…

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah menjenguk teman suami yang selesai menjalani operasi batu ginjal. Dan mengeluhlah si teman itu betapa sakitnya operasi yang dijalaninya dengan melalui alat vitalnya itu. Waktu itu istri si teman cuma bisa senyam senyum bilang..  "Gimana kalo ngerasain ngelahirin, yah?. ngeluarin anak dari situ juga. Jadi sekarang tahu kan gimana rasanya orang ngelahirin.

Passengereng Mappuralaloe

"Kamu naik saja ke rumah temani Fu Belahang, nanti saya buatkan kopi." Kalimat itu yang paling melekat dalam ingatan saya dari alm. Fung Emmang. Jika sudah mendengar kalimat itu, saya dengan gembira meniti tangga rumah panggung dengan perlahan dan mendapati senyum khas Fu Belahang yang sedang santai di ruang tengah rumahnya sambil menonton televisi. Tidak lama beliau akan mematikan

Hanya Dumelan Nirfaedah Saat Menikmati Kopi Malam

Foto ini hasil rekayasa digital, indah buat mata, selesai. Tapi enggak begitu bagi sebagian orang, apalagi buat saya yang demen modus. Gambar yang sederhana aja bisa jadi ribet... apalagi gambar hasil olah digital begini, bisa panjang urusannya 😁 Saya gak tau itu foto jembatan di belahan dunia mana, yg pasti sedang musim salju, nah dari salju aja saya bisa hubungkan beberapa isu dari

Hanya Dumelan Nirfaedah Saat Menikmati Kopi Malam

Foto ini hasil rekayasa digital, indah buat mata, selesai. Tapi enggak begitu bagi sebagian orang, apalagi buat saya yang demen modus. Gambar yang sederhana aja bisa jadi ribet... apalagi gambar hasil olah digital begini, bisa panjang urusannya 😁 Saya gak tau itu foto jembatan di belahan dunia mana, yg pasti sedang musim salju, nah dari salju aja saya bisa hubungkan beberapa isu dari

Déjà Vu – Sebuah Cerita Amat Sangat Pendek

Pagi itu aku bangun dengan hati campur aduk jadi satu, alangkah aneh mimpiku. Seperti sebelum-sebelumnya.. aku kembali bermimpi bertemu dengan lelaki yang sama.. lelaki yang entah mengapa serasa sudah ku kenal dengan baik dan serasa begitu dekat di hatiku, di pikiranku.. Dan semua yang kualami dalam mimpi tadi malam seperti pernah kualami dahulu kala. Entah kapan dan di mana.. serta bersama

Mendengarkan Curhatan Dengan Empati, Bukan Dengan Simpati

Saya gak tau kenapa banyak teman-teman mempercayakan sebagian rahasia mereka pada saya. Dari zaman saya duduk di bangku SMP memang sudah menjadi tumpahan tempat bercerita oleh teman-teman.  Mungkin karena saya juga senang (ngumbar *?? etdaaahh!!*) curhat ke orang lain, jadinya timbal balik yang terjadi. Banyak teman-teman saya baik perempuan atau laki-laki yang senang bercerita tentang apa

Tips Parenting Untuk Generasi Alpha

Di lini masa facebook saya, kadang muncul foto seorang anak kecil yang sedang lucu-lucunya sedang bermain apa saja.  Mengingatkan saya bahwa seorang anak adalah hal terindah bagi orangtuanya, seakan tidak mau ketinggalan kisah, setiap momen ingin diabadikan menjadi sebuah kenangan. Teman saya yang suka upload foto itu memang fotografer dan videografer yang jasanya bisa kita gunakan kalau

H Naryo: Pembangunan Berkelanjutan Itu Bukan Terus-Terusan Membangun

Suatu ketika sekelompok orang tersesat dalam hutan. Ditunjuklah beberapa orang yang bertanggung jawab untuk membuka jalan menerabas hutan dan lain-lain untuk menemukan jalan keluar dari hutan itu.  Para penerabas hutan ini bekerja dengan efektif, mereka membagi kelompok penebang, kelompok pemeliharaan peralatan, dukungan konsumsi dan apapun yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kemajuan tugas

Belajar Mengenal Kampung Dari Festival Kali Piket

Novita Anggraini - Penggiat Ngopi Jakarta (NGOJAK) Sudah lama juga saya tidak mendengar kicauan narablog "Pemain Kata". Terakhir ketemu sih belum lama saat ada kegiatan di SD Alam Anak Soleh di Tarumajaya, tapi gak sempat ngobrol banyak. Sehari sebelumnya saya dapat kabar kalau "si penyusur jalan dan sungai" ini akan hadir dalam acara Persamuhan Penggerak Kampung yang dirangkai dengan acara