Sarasehan di SMPN Satap Koawena


Akhirnya bertemu Jembatan Gantung warna kuning itu lagi. Jembatan yang membikin jantung berdegup lebih kencang. Padahal waktu pertama kali melintasi jembatan ini saya sudah bilang: tobat. Tapi setobat-tobatnya saya, siapa sangka bakal melintasinya lagi? Coba nonton video berikut ini supaya ikut merasakan guncangannya. Thika Pharmantara saja sampai nyeletuk: Baca Ayat Kursi dulu! Haha. Koplak memang anak itu.




Cuplikan cerita tentang kegiatan ini bisa dibaca di pos berjudul 5 Workshop Blog & Social Media. Sekarang saatnya bercerita panjang lebar tentang kegiatan yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dari Universitas Flores (Uniflor). Saya menerima undangan dari Kepala Tata Usaha FTI yaitu Om Ihsan untuk menjadi pemateri dalam kegiatan sarasehan dimaksud pada Sabtu, 17 November 2018. Begitu tahu lokasinya, jantung saya berdegup kencang karena ... seperti yang sudah kalian lihat pada video di atas. Dududud.

Baca Juga : Mengetik 10 Jari Itu Biasa

Kegiatan sarasehan dimulai pukul 10.30 Wita setelah saya tiba di lokasi pukul 08.00 Wita haha. Om Ihsan salah informasi nih. Tapi tidak mengapa. Sambil menunggu, sambil sarapan nasi kuning, sambil mengobrol dengan beberapa mahasiswa FTI yang sudah duluan datang. Kegiatan sarasehan berlangsung di ruang laboratorium SMPN Satap Koawena yang terletak di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini. Narasumber pertama Wakil Dekan FTI Maria Adelvin Londa, S.Kom, M.T., yang menyampaikan materi tetnang Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan diantaranya tentang software dan hardware yang sering digunakan sebagai instrumen pendidikan dalam dunia pendidikan. Narasumber kedua dari Komunitas SocMed Ende Ihsan Dato, S.Sos., yang menyampaikan materi tentang Etika Penggunaan Media Sosial dengan slogan Piki Ne Ote Timba Ne Ate (berpikir dengan akal dan pertimbangkan dengan hati) yang bermakna dalam bermedia sosial wajib berpikir dan menimbang terlebih dahulu bahan postingan sebelum diunggah ke media sosial. Kalau kalian pernah tahu soal Internetsehat atau ICTWatch, slogan seperti itu juga ada dalam bahasa Inggris yaitu: Wise While Online, Think Before Posting.


Sebagai pemateri ketiga (meskipun urutannya saya yang kedua), materi yang disampaikan adalah tentang Literasi Digital. Materi yang sama yang berasal dari Internetsehat. Saya mendapatkannya dari Kanaz di Kelas Blogging NTT. Sifat materi ini adalah creative common, artinya boleh disebarkan seluas-luasnya.

Hyess.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah sesi tanya jawab. Awalnya saya pikir anak-anak SMP ini bakal enggan bertanya karena materi disampaikan sudah menjelang siang, lapar dan haus itu pasti, mana pula sudah kebayang bakal main sama teman-teman karena wiken. Tapi ternyata saya salah. Ketika Nata, moderator, memberikan kesempatan bertanya, malah begitu banyak tangan yang diangkat ke udara. Wah, luar biasa. Lucunya, lima penanya pertama, perempuan, punya nama depan dan nama tengah yang sama dengan si moderator: NATALIA! Luar bisa nama ini sakti banget sampai banyak dipakai hehehe.

Baca Juga : Kami Latu Untuk Miu

Pertanyaannya merata ditujukan untuk tiga pemateri. Senang sekali ketika salah seorang penanya berbisik pada moderator, "Mau tanya untuk Ibu yang pakai jilbab pink itu." Yang bikin saya ngikik dan balas, "Ini fushia bukan pink." LOL. Padahal mana saya tahu urusan warna begitu haha. Asal nyeletuk saja. Pertanyaan antara lain tentang contoh data pribadi itu seperti apa, tentang menjual hasil bumi lewat internet itu bagaimana, dan lain sebagainya.


Kegiatan berakhir pukul 13.30 Wita. Panjang juga kan? Iya, yang bikin panjang itu sesi tanya-jawabnya. Diakhiri dengan foto bersama, saya jadi pengen balik lagi ke sini dan ngasih materi soal blog dan kepenulisan. Semoga yaaa suatu saat nanti. Sekarang fokus sama kegiatan lain dulu.

Semoga, semua materi / informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi peserta sarasehan, termasuk guru-guru, semoga kami dapat kembali ke SMPN Satap Koawena dengan jembatan gantung warna kuningnya yang cihuy itu.

Baca Juga : Dr. Zeus's Quote

Bagi saya, memberikan materi seperti kegiatan di SMPN Satap Koawena itu membangkitkan kenangan tentang kegiatan serupa. Salah satunya, saya pernah mengajari bapak-bapak petani (kelapa, kakao, vanili dan lain sebagainya) di Hotel Silvia - Maumere. Materinya tentang membikin e-mail, membikin blog di Blogger, membikin akun media sosial, dan bagaimana mensinergikan blog dengan media sosial. Kan luar biasa. Hehe. Mungkin, setelah agak terhenti sekian lama, akan kembali ada cerita-cerita tentang kegiatan serupa. Beda tempat, beda orang, beda materi. Yang jelas, bersedekah tidak selamanya harus dalam bentuk barang, dan berbagi tidak pernah merugi.


Semangat terus :)



Cheers.