Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Tujuan Domestik Di Indonesia


Siapa yang pengen dapat harga tiket murah dan traveling kemana pun bahkan keliling Indonesia? Siapa yang ngga mau sih, iya kan? Kalau saya sih pengen banget keliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Miangas, Rote? Iya Miangas adalah pulau terluar bagian barat sedangkan Rote adalah pulau terluar di bagian Selatan. Beruntungnya saya pernah mengunjungi Pulau Rote yang awanya luar biasa indah. 

"Tiada langit yang tidak sempurna di Rote ini."

Saya selalu mengucapkan kekaguman pada Rote, sebagai salah satu destinasi yang paling favorite. 

"Tiket pesawat sekarang mahal loh."

Iya memang tiket pesawat agak lumayan mahal dibandingkan dengan tahun lalu, tapi masih bisa banget di siasati dengan banyak hal kok. Mau tahu ngga caranya dapat tiket murah seperti tiket pesawat malaysia airlines dan tiket airlines lainnya.


Berikut ini tips mencari tiket pesawat murah tujuan Domestik di Indonesia.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari


Kadang kita selalu membeli tiket mendadak yang mengakibatkan harganya sudah melonjak naik berkali-kali lipat dari harga normal. Saya pernah mengecek suatu penerbangan, pada waktu itu saya ingin memajukan penerbangan sehari sebelumnya, namun ternyata harganya sudah 2 kali lipat dari beberapa hari sebelumnya. 

Usahakan belilah tiket pesawat jauh-jauh hari sekitar 6 bulan, atau bahkan 1 tahun sebelumnya apabila menemukan promo menarik dan sangat murah. Saya pernah mendapatkan harga penerbangan yang sangat lumayan sekitar 50 persen lebih murah dari harga tiket pada saat promo spesial. 

Perhatikan periode perjalanan, juga hari pergi dan pulang Anda

Kadang kita suka mengabaikan hari pergi dan pulang, karena sangat mengirit cuti. Padahal kalau kita ingin mendapatkan tiket pesawat yang cukup murah, kita sesuaikan dengan waktu yang kurang favorite untuk liburan seperti weekdays. Usahakan stok cuti masih banyak dan tidak terikat dengan waktu, sehingga bisa mengambil hari seperti selasa sampai kamis atau jumat. Misalnya durasi perjalanan satu minggu, maka sebaiknya berangkat pada rabu dan pulang pada hari selasa. Memang ini sangat jarang dilakukan oleh pekerja kantoran, namun saya sangat sarankan jika memiliki cukup cuti.

Kalaupun tidak memiliki cuti, berangkatlah pada jumat dan pulanglah pada hari senin. Atau kombinasi kamis-senin, jumat-selasa, rabu-senin dan kamis-selasa. Kombinasi lainnya juga bisa asalkan memilih weekdays dan menghindari weekend.


Pelajari Tren Promo Maskapai


Yes, kadang kita sering lupa kalau maskapai seperi Mas ini memiliki jadwal promo yang tetap dan sesuai dengan spesial event seperti tahun baru atau musim liburan. Jadi kita harus mengenali terlebih dahulu jadwal promo maskapai yang sudah lama kita incar. Usahakan kumpulkan informasi lengkap tentang promo. Dan, jangan lupakan reminder pada setiap promo maskapai tersebut.

Pilih Penerbangan Dengan Rute Transit 


Kalau rute langsung sangat mahal, cobalah rute transit yang lumayan memotong harga sampai setengah harga. Kalau kita memiliki banyak waktu, cobalah memilih penerbangan yang tidak langsung, dengan durasi perjalanan yang cukup dan tidak terlalu lama. Namun, masalah kenyamanan tidak akan masalah. 


Jangan Memborong Tiket Pesawat


Oh iya, jangan pernah memborong tiket pesawat karena biasanya harganya akan lebih mahal karena harus memilih kursi pesawat yang berdekatan. Jika kita pergi sekeluarga, usahakan untuk membeli sesuai kursi, misalnya 3 -3 atau 3-2-3 atau yang lainnya.

Bagaimana cara pemesanan tiket,  via online atau pas travel fair? Kalau saya sih lebih suka beli tiket pesawat online. Alasannya simple banget karena ngga pakai ribet dan bisa kapan saja ngga tergantung pada waktunya. Biasanya saya pesan tiket melalui pegipegi. Mengapa memilih pegipegi karena tinggal pesan melalui aplikasi dan bisa membayar melalui transfer bisa, via atmbisa,  kartu kredit juga bisa, dan berbagai macam fitur pembayaran lainnya.

Nah, itu tadi tips mencari tiket pesawat murah tujuan domestik di Indonesia. Selamat berburu tiket pesawat murah ya.




Mau Liburan Dari Jakarta Ke Jogja? Inilah Tips Mencari Tiket Pesawat Murah


Menikmati Jogja itu akan terasa menyenangkan bila bersama sahabat atau keluarga terdekat. Selain Malioboro, Borobudur, Prambanan dan destinasi wisata lainnya, ternyata Jogja memiliki banyak wisata petualangan yang cukup bagus seperti Merapi Lava Tour, mengunjungi makam-makam raja Mataram dan mencoba es krim gelato ternama di Jogja. 

"Tiket pesawat lagi mahal-mahalnya nih."

"Gimana ya cara dapat tiket pesawat yang murah?"

"Ada ngga caranya biar dapat tiket diskon?"

Nah, berhubung mencari tiket pesawat dari Jakarta ke Jogja itu membutuhkan trik agar harganya lumayan mahal belakangan ini bisa dikurangi atau minimal mendapatkan banyak diskon. Tapi, sebelumnya saya akan mengajak keliling Merapi, makam raja Mataram di Kotagede dan menikmati es krim gelato.

Berpetualang Ke Merapi Lava Tour


Saat di hostel yang kami inapi, kami memutuskan untuk menyewa mobil untuk mengelilingi daerah sekitar Jogja. Maklum saja, saya sudah beberapa kali bolak balik Jogja dan sudah saatnya mengunjungi destinasi yang lain di sekitaran Jogja seperti Gunung Kidul, Sleman dan daerah lainnya. 

"Mau kemana nih kita?"

Kebetulan saya bersama dua sahabat yang sudah lama tidak traveling bareng, sehingga sudah sangat kami melepas rindu di Jogja.

"Merapi aja yuk."

"Wah, bakalan menyenangkan sih ke Merapi."

"Katanya kita bakalan naik jeep."

Membayangkan naik jeep dan berkeliling wilayah yang berpasir serta dipenuhi oleh jalur lava merapi yang konon mampu mengelapkan sekitar wilayah Merapi.

Setelah sampai di wilayahnya, kami kemudian menunggu untuk disiapkan jeepnya. Kami memilih jeep yang agak gelap dan cenderung aman tempat duduknya karena kami tahu medan yang akan kami lewati itu super-super tidak derduga dan banyak kejutan yang menanti. 


Kami melewati banyak sekali tempat-tempat memorial bagi korban keganasan wedus gembel Merapi. Mungkin, wilayah ini adalah radius 5-10 Km dari puncak Merapi yang terkena dampak erupsi dan lavanya. 

Dan, semakin kami melihat banyaknya sisa bangunan akibat bencana ini, semakin bersyukurlah kami tidak tertimpa bencana seperti yang dialami oleh warga di sekitar kaki gunung Merapi ini. 

Menikmati Masa Lampau Di Makam Raja-Raja Mataram Kota Gede


Hostel yang saya inapi itu berada di sekitar Kota Gede, Jogja. Setelah kami menikmati indahnya Merapi, kini saatnya keliling di sekitar area Kota Gede. Setelah dicari, muncullah nama Makam Raja-Raja Mataram dan lokasinya sekitar 3-5 Km dari hostel kami. 

"Yuk ketempat ini?"

Saya menunjukan foto-foto makam tersebut dengan keindahan bagunannya. 

"Yuk, daripada ke borobudur atau prambanan lagi."

Dan, setelah mengunakan mobil online, kami sampai di tempat sekitar 15 menit. 

Saya masih terkagum-kagum karena tidak ada nuansa seram atau mistis di dalam makam tersebut, yang ada adalah keindahan bangunan peninggalan kerajaan yang masih kokoh dan tidak termakan oleh usia.

Dan, yang kami lakukan adalah mengelilingi kompleks makam itu sekaligus foto-foto di sekitar bangunan yang menarik tersebut.

Menikmati Es Krim Gelato


Saya suka dengan es krim, apalagi di Jogja terdapat satu gelato yang tersohor dan rasanya ingin menikmatinya karena sangat tidak biasa. Harganya lumayan pricy untuk gelato ini, namun karena ukurannya yang lumayan banyak, maka tidak salah kalau kami mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki sekitar 2 km dari tempat terakhir kami pada waktu ini. 

Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Dari Jakarta Ke Jogja

Tiket Pesawat Jakarta Jogja itu bisa disiasati dengan beberapa hal, apalagi kalau menginginkan tiket murah dan promo serta diskon. Nah, ini dia tips mencari tiket pesawat yang murah.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah salah satunya adalah 

Waktu Pemesanan

Pesan tiket pada saat dini hari atau sekitar pukul 00.00 sampai 15.00, karena makin sore atau malam kita memesan pesawat maka akan naik harganya. 

Cek Tiket Promo

Biasanya setiap maskapai memiliki jadwal khusus melakukan promonya, seperti setiap senin dini hari dan waktu waktu tertentu seperti tanggal gajian. Sehingga kita bisa memanfaatkan pada waktu tersebut.

Langganan Email

Selain mengecek tiket promo, jangan lupa untuk subscribe email dari maskapai dan pencarian tiket online seperti pegipegi. Biasanya email tersebut merupakan informasi diskon atau promo yang lumayan mengiurkan apalagi kalau mencari tiket untuk keluarga. 

Cari Di Pegipegi

Nah, salah satu yang banyak diskon dan promonya itu adalah pegipegi. Pencarian tiket domestik yang sangat mudah dan cara pembayarannya pun dijamin sangat banyak pilihannya. Saya sih selalu melihat notifikasi yang masuk dari aplikasi pegipegi yang sudah saya instal di smartphone. Kalau ada promo menarik dan tanggalnya pun pas, maka saya akan langsung pesan saat itu juga. 


Nah, semakin mudah serta banyaknya cara mendapatkan tiket murah, yuk jangan lupa untuk liburan dan mendapatkan banyak tiket murahnya. Jangan lupa bahagia bersama keluarga dan sahabat dengan traveling ke tempat-tempat indah serta mengukir memori yang tak terlupakan di Jogja.