5 Obat Alami Penyubur Rambut



Uhum ...

*garuk-garuk kepala*

Rambut saya tipis. Tidak dapat dipungkiri apabila suatu saat nanti saya mengalami kebotakan. Bukan salah Abu Nawas apabila rambut saya menipis. Bukan pula salah dinosaurus karena dinosaurus tidak ngemil helai rambut. Ini murni kesalahan saya sendiri. Pertama, pada zaman SMP tergoda sama rambut lurus, maka membeli obat pelurus rambut dan meluruskannya dengan seterika. Suer! Seterika. Hahaha. Waktu itu belum kenal alat catok lah kita. Yang kedua, karena jarang menyisir rambut. Sekalinya menyisir tercerabutlah satuper satu helai itu, terbang tertiup kipas angin, lantas terpeta di lantai. Thika Pharmantara hanya bisa tersenyum hina melihat rambut saya berguguran dengan mudahnya. Kalau rambut saya perang sama rambutnya Thika, sudah pasti rambut saya kalah sebelum berperang. Huhuhu.

Baca Juga: 5 Obat Wajib Perjalanan Jauh

Masalah kerontokan rambut ini bisa terjadi oleh berbagai sebab. Ada beberapa sebab yang tidak bisa saya tulis di sini selain saya pernah memakai obat pelurus rambut dan memang jarang menyisir rambut. Sedih kan? Hehe.

Sebenarnya ada banyak obat alami penyubur rambut yang bisa ditemui di sekitar lingkungan rumah. Tentu yang alami lumayan bagus ketimbang yang pabrikan. Karena yang alami, seperti namanya, alam dan i ... bebas bahan kimia. Atau, kalaupun ada bahan kimia, itu senyawa aslinya. Beugh. Beberapa obat penyubur rambut yang bakal saya tulis di sini sudah digunakan oleh saya dan para sepupu dari khayangan sejak kami masih unyu menggemaskan dan masih sering main bareng terus berantem berjamaah. Seringnya saya dipelototin kalau bermain masak-masakan berasnya saya cuci sepuluh kali. 

Saya: Kan biar genap, Kak!

Kak Teni: Huh!

Jadi *kebiasaan* apa sajakah obat alami penyubur rambut? 

1. Air Pisang


Waktu masih kecil, masih berantem berjamaah sama para sepupu, Kakek Arnoldus Bata (Bapaknya Mamatua) punya kebun luas di sekitar rumah. Rata-rata tanaman yang tumbuh subur adalah pohon pisang, ubi, dan pohon mangga. Yang paling bertahan itu pepohonan mangga hehe. Hampir setiap Hari Minggu pagi kami pergi ke kebun yang jaraknya hanya sepuluh meter dari rumah itu sambil membawa pisau dan mangkuk. Pisau untuk melukai perasaan dan mangkuk buat menadah air pisang yang mengucur keluar.

Air pisang ini akan kami bawa ke rumah Nene Rae (Nene Rae ini mama mertuanya asisten Mamatua yang kami panggil Mamasia). Nene Rae, sudah meninggal lama sekali, punya 'tangan dingin' yang dipercaya ampuh jika memijit serta meraba-raba kepala. Di rumah Nene Rae ada bangku panjang tempat kami tiduran, Nene Rae duduk di ujung tempat kepala berada, lantas Nene Rae mulai menyiram kepala dengan air pisang. Siramnya tidak sekaligus, tapi sedikit-sedikit. Jadi kayak sedang pakai cem-ceman yang bikin ca'em.

Baca Juga: 5 Manfaat Garam

Tapi saya belum menemukan kandungan apa di dalam air pisang sehingga sejak dulu kami rebutan mengambilnya dari pohon pisang. Tapi kalau buah pisang, ternyata ada loh manfaatnya untuk rambut. Padahal dulunya kami hanya memanfaatkan kulit buah pisang saja hahaha.

2. Buah Pisang


Saya belum pernah memakai buah pisang untuk memperbaiki rambut yang rusak (salah satunya rontok). Tapi ternyata dari situs Klink Kecantikan ini kalian bakal tahu manfaat baik buah pisang dan kandungan di dalamnya. Selain enak dimakan dan diolah menjadi panganan tingkat dua, buah pisang ternyata bermanfaat bagi rambut! Oh la la.

3. Santan Kelapa


Salah satu kekayaan Indonesia adalah pohon kelapa. Tanaman yang keseluruhan dirinya dapat dimanfaatkan oleh umat manusia ini tumbuh subur di kebun milik Kakak Pacar. Eh, tapi bukan itu sih intinya. Intinya, santan kelapa yang diperoleh dari pemerasan kelapa parut ini bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Lagi-lagi rumah Nene Rae menjadi tempat kami ber-salon-ria dengan air santan kelapa ini. Pertama; gunakan santan kedua (yang tidak terlalu kental). Kedua; gunakan santan pertama (aseli, kental banget!).

Zaman dahulu itu kelapanya kami parut sendiri tapi istilahnya regu. Diparut pakai alat tradisional khusus, ada tempat buat duduk, ada tempat buat memarut kelapa langsung dari batoknya! Nanti saya cari deh gambar alat regu ini. Kesal memang kalau dudu regu (duduk sambil memarut begitu) tapi demi rambut ... apapun dijabanin.

Tangan Nene Rae luar biasa lembut di kepala kita ... jadi ngantuk dan ketiduran hahaha.

4. Lidah Buaya


Seperti yang sudah saya tulis di sini, lidah buaya punya banyak manfaat. Salah satunya menyuburkan rambut. Cara penggunaannya saya pikir sama saja dengan meminumnya untuk mengatasi kadar gula dalam darah. Dicuci bersih, dikupas (ambil isinya) dan dioleskan ke kulit kepala. Mudah sekali ya. Kalian pasti kaget kalau lihat cara saya meminum lidah buaya mentah ini. Thika saja melihat hampir setiap malam, memasang wajah geli-geli gimana gitu.

5. Madu


Saya pernah ngepos soal manfaat madu. Silahkan dibaca. Untuk perawatan rambut rontok, madu dapat dicampur dengan jojoba oil untuk hasil yang lebih memuaskan.

Sebenarnya alam sudah menyediakan semuanya, tinggal bagaimana manusia menggali dan memanfaatkannya. Tapi setelah menggali jangan lupa mengganti #Eh

Bagaimana? Dengan obat alami penyubur rambut yang sudah saya tulis di atas, semoga banyak masalah kerontokan rambut yang lekas teratasi ya. Termasuk saya sendiri dooonk hehehe. 

Semoga bermanfaat!



Cheers.