search
top

About

Blogger Family, “Kehangatan Sebuah Keluarga”

ditulis oleh: YNa
http://ynawrite.blogspot.com/2004/12/blogger-family-kehangatan-sebuah.html

Pastinya bloggers Indonesia sudah ga asing dengan satu komunitas perblog-an di Indonesia yang bernama Blogger Family. Tapi apa bloggers nyangka kalau penggagas Blogger Family ini para ibu?. Nah, mau tau asal muasalnya Blogger Family ini dibentuk dan siapa saja para ‘ibu on the net’ dibalik suksesnya komunitas ini, silahkan ulik terus tulisan berikut.

Asal Muasal
Ide pembentukan Blogger Family yang disingkat BF ini dimunculkan pertama kali oleh ibu Labibah atau dikenal dengan panggilan maknyak, pemilikhttp://www.berandarumahkita.com/ yg saat ini blog beliau pindah sementara kehttp://serambirumahkita.blogspot.com/.

“BF adalah komunitas Blogger karena BF merupakan tempat para blogger Indonesia dengan segala umur berkumpul dan saling berbagi informasi dalam suasana yang hangat dan kekeluargaan,” jelas maknyak.

Maknyak juga menceritakan bahwa ide membuat BF itu dimulai dari para ‘emak’ – sebutan maknyak untuk para ibu on the net – yang sering merasa terlalu ‘tua’ untuk bergabung di komunitas Blogger tapi aktif ngeblog dan byk inisiatif. Lalu mereka saling teriak di shoutbox blog masing2, juga chat di YahooMessenger untuk merumuskan beberapa ide yg muncul.

“Kemudian saya punya pikiran untuk membuat mailinglist. Di dukung oleh Di dukung oleh tutup panci, seseorang, belalang, geboy, rieke, dan ielo, yang lalu mereka ini saya sebut Co-Founders, maka terciptalah mailinglist Blogger Family,” kata ibu dua anak satu suami yg saat ini bermukim di Montreal, Canada ini, yang mulai ngeblog sejak tgl 11 November 2003 ini.

Dari mailinglist iyang berdiri tanggal 6 desember 2003 tu, maknyak menuturkan beberapa membernya memberikan masukan positif, diantaranya Richoz yang mebuatkan banner BF sekarang ini dan Bunbun yang memberikan ide untuk membuat forum BF.

Hingga saat ini, komunitas BF tergabung dalam bbrp media, yaitu mailinglist (http://groups.yahoo.com/group/bloggerfamily/), lalu forum BFhttp://forum.bloggerfamily.com/ yg sekarang pindah keĀ http://blogfam.com/forum, kemudian Friendster (bloggerfamily@yahoo.com) dan blog (http://www.blogfam.blogspot.com/) dimana para anggotanya dapat menyumbangkan tulisan apapun disana, walaupun blog ini masih bersifat sementara.

Dalam perkembangannya, forum Blogger Family inilah yang lebih dikenal para Blogger Indonesia. Buktinya pernah disebutkan dalam Tabloid PC Plus dan Majalah Komputer Aktif yang saat itu mengulas ‘Dunia Weblog’.

Virtual Family
Member BF, jelas maknyak, tadinya hanya berjumlah bbrp orang dan berisi para emak yang merasa terlalu tua untuk bergabung di komunitas blog yang ada tapi ingin membentuk sebuah komunitas yang benar-benar pas dengan kadar kekeluargaannya. Lalu siapa sangka diulang tahunnya ini, jumlah anggota BF sudah mencapai 500 orang lebih dan ternyata yang bergabung di dalamnya tidak hanya para emak tadi.

“Toh sebuah keluarga tidak harus menjadi ‘ayah atau ibu semua’. Sebuah keluarga memerlukan seorang anak, kakak, adik, tante, keponakan, om bahkan kakek dan nenek. Begitulah ‘Blogger Family’,” kata maknyak.

Ya, 500-an anggota di forum BF saat ini terdiri dari berbagai usia, status dan profesi bahkan berbagai benua!. Dari anak sekolahan, pengajar, pustakawan, para penjaga dan pemilik warnet, orang kantoran, para ‘IT’-ers, sampai emak-emak fungky yang lambat laun pada melek ‘hi- tech’. “Juga mereka yg tinggal di berbagai benua; Asia, Australia, Eropa, Amerika bahkan Afrika,” tambah maknyak yg berjuluk ‘Umma Thurman’ ini.

Begitu istimewanya forum BF ini tidak terlepas dari atmosfir yang ditawarkan, yaitu “kehangatan sebuah keluarga”, dimana semua membernya diperlakukan seperti keluarga. “Ada yang sedang bersedih ya kita hibur bareng2 ada yg sedang gembira ya kita selamatin bareng,” kata maknyak.