search
top

Workshop Blog Bersuara (Podcasting)

Salam!
Setelah sukses dengan workshop menulis cerita anak dan workshop editing naskah, kali ini Blogfam kembali hadir dengan workshop baru: Blog Bersuara!

Blog bersuara sebenarnya cuma istilah untuk memperkenalkan orang pada istilah podcasting, sebuah istilah yang meski sudah lama ada, tapi masih belum banyak dikenal.

Secara mudah, podcasting adalah aktifitas merekam suara, biasanya dalam format MP3, lalu di unggah ke internet dan bisa diunduh dan didengarkan oleh siapa saja. Sampai disini saja ini sudah bisa disebut definisi sebuah podcast. Namun podcasting umumnya dilakukan secara berkala, seperti halnya kita menulis di blog dan siapapun lantas bisa berlangganan secara rutin lewat feed/rss seperti halnya di blog. Apa namanya kalau bukan “blog bersuara” ? :)

Mau tahu wujud podcast? Coba dengarkan podcast berikut ini yang dicuplik dari talkshow di Radio Komunitas Twitter Indonesia (RKTI) :

Apa manfaat podcasting? Macam-macam. Mulai dari sekedar ngobrol soal kegiatan sehari-hari, ceramah/dakwah, merekam talkshow/ kuliah, membaca puisi, mendongeng, memperkenalkan lagu band indie anda dan lain sebagainya. Atau Anda mungkin punya cita-cita menjadi penyiar radio? Kenapa tidak mencoba “siaran” dengan cara podcasting. Banyak kemungkinan yang tidak terbatas dari podcasting. Pokoknya kata kuncinya adalah: SUARA!

Nah, lewat kegiatan workshop online kali ini kita akan tunjukkan bahwa podcasting tidaklah sulit dan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Bahkan untuk membuktikannya, dalam sesi pertama workshop saja anda sudah akan bisa membuat podcast sendiri dengan teknik dan peralatan sederhana!

Setelah dapat membuat podcast sendiri, kita akan juga belajar cara mengedit suara, mixing suara dengan software open source, trik merekam suara dan bersuara dengan baik dan benar :) , ide-ide untuk membuat podcast, contoh podcast yang sudah ada dan terakhir juga akan menyinggung soal radio online yang sekarang semakin marak.

Materi workshop ini sendiri akan diberikan sebanyak 8 sesi di thread Ruang Belajar forum Blogfam. Setiap sesi akan memakan waktu satu minggu guna menyesuaikan dengan kesibukan sehari-hari peserta dan pemberi materi.

Sampai disini, apa anda tertarik untuk ikut? Syaratnya mudah saja:

1. Anggota komunitas Blogger Family (Blogfam). Kalau belum silahkan daftar disini.

2. Mengirimkan data diri dengan mengirim email ke: ” blogfam @gmail.com ” dengan menyertakan data sebagai berikut

- Subyek email: Daftar Workshop Podcast
- Nama lengkap:
- Nama yang dipakai login di forum Blogfam
- Nomor telepon yang bisa dihubungi (data ini tidak akan dibagi ke pihak manapun)
- Apakah anda memiliki alat berikut ini (hapus yang tidak perlu): – mikrofon dan headphone komputer – ponsel yang bisa merekam suara seperti misalnya voice note di ponsel blackberry (sebut jenis handphone) – digital recorder (sebut jenis/merek) – lain-lain (sebutkan) – atau tidak punya sama sekali.

3. Batas waktu pengiriman email adalah 28 Februari 2011 dan peserta yang terpilih akan diberitahu langsung via email.

Catatan:
a. Prioritas: Mereka yang pernah mendaftar ikut workshop online Blogfam tapi belum terpilih akan diprioritaskan untuk diseleksi.
b. Biaya: Untuk setiap sesi biayanya cukup pakai doa saja semoga forum Blogfam dan kegiatan workshopnya tambah maju :) Kalau itu bisa dibilang gratis ya memang GRATIS! hehe

Oya berbeda dengan sebelumnya, workshop kali ini juga akan bekerjasama dengan dua pihak berikut ini yang akan juga menjadi pemateri di sesi sharing:

Indonesia Bercerita (sebuah inisiatif untuk mempromosikan dan memberikan dukungan upaya mendidik melalui cerita)

..dan Radio Komunitas Twitter Indonesia – RKTI (sebuah radio online yang yang terbentuk dari sejumlah pengguna twitter Indonesia).

Kami tunggu partisipasi teman-teman semua! :)

* Pengumuman ini juga dapat diakses di forum Blogfam.

3 Responses to “Workshop Blog Bersuara (Podcasting)”

  1. Acaranya kapan ya ?
    aduh, terlambat daftar .. tapi coba2x saja :D

  2. Workshop Blog Bersuara Podcasting…

    [...]Salam! Setelah sukses dengan workshop menulis cerita anak dan workshop editing naskah, kali ini Blogfam kembali hadir dengan workshop[...]…

  3. [...] bicara, talkshow itu ditindaklanjuti oleh Kak @Jafrane melalui komunitas @blogfam dengan mengadakan Workshop Online Blog Bersuara. Dan sungguh kehormatan, Indonesia mendapat undangan sebagai peserta dan sekaligus narasumber. [...]

  4. Workshop Blog Bersuara (Podcasting) | Blogfam…

    [...]Setelah sukses dengan workshop menulis cerita anak dan workshop editing naskah, kali ini Blogfam kembali hadir dengan workshop baru: Blog Bersuara! Blog bersuara sebenarnya cuma istilah untuk memperkenalkan orang pada istilah podcasting, sebuah is…

  5. permisiii *ketok-ketok pintu pagar* :D

  6. devieriana says:

    wah, telat banget saya baca info ini yah. Saya dulu awalnya mendongeng (secara otodidak) bersama teman saya disini http://kisahanak.wordpress.com, sebelum ada http://indonesiabercerita.org, yah.
    Formatnya sama, podcast, mp3 :D

    Salam kenal :)

Leave a Reply