search
top

Proyek Buku Tentang Perpustakaan

Berangkat dari keprihatinan saya dan teman2 di Twitter tentang keterbatasan masyarakat, utamanya masyarakat di daerah miskin terhadap Informasi yg sering diklaim oleh pemerintah sebagai rendahnya minat baca, maka lahirlah #gerakanpeduliperpustakaan dan #sobatperpustakaan.

Kami yakin, bahwa sumber utama persoalan klaim “rendahnya minat baca” bersumber pada kondisi perpustakaan kita yang rata-rata mengenaskan sehingga masyarakat enggan atau bahkan canggung untuk mengakses informasi di Perpustakaan. Padahal perpustakaan adalah solusi bagi tak terjangkaunya harga buku atau informasi yang kian melambung.

Sebagai langkah awal gerakan ini, kami hendak menerbitkan buku tulisan dari orang-orang yang peduli perpustakaan (orang tua, anak, praktisi. pustakawan, Akademisi, masyarakat luas yang punya pengalaman mengakses, mengelola perpustakaan) untuk menulis pengalaman mereka dengan bahasa populer dan terkesan “fun” (tulisan-tulisan tentang perpustakaan selama ini selalu bikin dahi berkerut dan membuat citra perpustakaan juga terkesan tidak menyenangkan). Kritik-kritik silahkan diberikan tapi harus ada solusi terhadap kritik tsb.

Tulisan-tulisan tersebut akan diterbitkan oleh Perpustakaan UIN Yogya dan Perpustakaan Kota Yogyakarta dan akan dilaunching pada bulan Mei 2011.

Hasil penjualan buku ini akan disumbangkan bagi pengembangan perpustakaan di daerah miskin. Oleh karenanya, semua semua tulisan dianggap sebagai sumbangan.

Bagi teman-teman yang berminat, silahkan ikut menyumbangkan tulisan yang berkaitan dengan pengalaman sebagai pengunjung perpustakaan,

KETENTUAN PENULISAN ARTIKEL:

1. Tulisan berupa artikel dengan menggunakan bahasa populer dan punya ruh bahwa perpustakaan itu menyenangkan.

2. Panjang artikel 7-10 halaman 1,5 spasi A4

3. Tulisan dikirim ke blogfam @gmail.com paling lambat tanggal 28 Februari 2011

Kecuali tulisan dari beberapa tokoh yang sengaja kami minta kesediaan untuk ikut menulis dalam buku ini sesuai dengan keahlian masing-masing, semua tulisan yang masuk akan kami seleksi. Tulisan yang layak muat akan kami umumkan pada tanggal 28 Maret 2011.

Semua tulisan yang masuk dianggap sebagai sumbangan dan hasil penjualan buku ini akan disumbangkan guna pengembangan perpustakaan baik itu berupa sumbangan koleksi, bantuan memproses koleksi agar mudah temu kembalinya atau bantuan untuk mengembangkan program
perpustakaan yang menarik sehingga perpustakaan bisa menjadi pusat kegiatan yang menyenangkan dan berkontribusi thd peningkatan kualitas bangsa.

Demikian,

Salam,
Labibah

*NB, Tokoh-Tokoh yang sudah bersedia menyumbangkan tulisan dalam proyek ini adalah: Prof. Komarudin Hidayat (Cendikiawan Muslim), Onno W Purbo (Pakar Teknologi Informasi), Putu Laxman Pendit (Peneliti dan Akademisi bidang Perpustakaan dan Informas – Melbournei) Adhitya Mulya (Penulis novel “Jomblo”), Risa Amrika Sari (pakar HAKI), Sylvira Namyra (Penulis, Pustakawan JIS), Slamet Thohari (Pejuang Difabel), Sri Rohyanti Zulaikha (Dosen Jurusan ILmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga), Solikhin Arianto (kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga), Titin F Himawan (Blogger, Penulis, Staff Perpustakaan Universitas Kyoto)

6 Responses to “Proyek Buku Tentang Perpustakaan”

  1. Alam says:

    siapa saja boleh ikut kan Bu Bib? (kali aja masuk seleksi, lumayan numpang tenar :mrgreen: )

  2. Labibah says:

    Betul mas. Siapa saja boleh ngirim tulisan. Ditunggu ya

  3. zulaikha says:

    ini proyek gila bib, radikal banget, apik banget
    disaat orang tidak suka dan tuidak respect dengan perpustakaan, masih saja ada yaang care untuk berbagi informasi, terutama bagi yang mempunya keterbatasan akses..,

  4. pritha says:

    cool project! Jd pgn ikutan.. Huhu 2 hr lg..

  5. Ririn says:

    Betapa dulu rajin main ke blogfam,rajin update blog,sekarang lama gk bersua di blogfam ada project tulis lagi he.he.mak saya sudah terlambat baca info.

  6. Yunna Maruko says:

    Kami juga sudah memiliki perpustakaan umum yang dibangun untuk anak-anak jalanan. perpustakaan adalah jiwa mereka yang kedua.

Leave a Reply