search
top

Workshop Online Menulis Cerita Anak

UPDATE: 9 NOV
1. Pendaftaran akan ditutup hari ini (tengah malam). Jadi masih ada kesempatan satu hari ini. Tengah malam nanti ruang pendaftaran akan ditutup dan hilang dari pandangan mata hehe
2. Besok para peserta yang diterima, akan dapat melihat Ruang Workshop yang telah disiapkan. Jika ruang tersebut tidak nampak, berarti ybs belum beruntung untuk workshop kali ini. Mungkin di kesempatan berikutnya.
3. Peserta menyelesaikan workshop hingga akhir akan mendapat sertifikat dari Blogfam (sertifikat asli, bukan sertifikat online :) ).
4. JIka karya tugas yang dihasilkan memadai, akan dipertimbangkan untuk diterbitkan.

Tertarik menjadi penulis cerita anak? Mungkin ini kesempatan anda untuk mulai, dengan mengikuti Workshop Online Menulis Cerita Anak di Ruang Belajar Blogfam.

Workshop ini akan dipandu oleh Kang Iwok, salah seorang moderator Blogfam dan juga seorang penulis yang telah menerbitkan beragam buku anak dalam beberapa tahun terakhir. Bersama Kang Iwok kita akan belajar memasuki dunia anak lewat gaya bahasa, mencari tema cerita, penokohan, dialog, setting dan lain sebagainya, dan pastinya di setiap penyampaian materi pelatihan akan ada tugas-tugas sehingga peserta bisa belajar sambil mempraktekkan. (Materi modul yang lebih rinci bisa dilihat di bagian akhir)

Oya, workshop online ini gratis namun pesertanya terbatas agar proses belajarnya lebih efektif. Semua kegiatan akan dilakukan secara online di Ruang Belajar Forum Blogfam, sebuah ruangan baru yang sudah disiapkan untuk berbagi kegiatan workshop online.

Syarat untuk calon peserta:

1. Sudah terdaftar sebagai anggota di forum Blogfam (kalau belum ayo daftar sekarang).

2. Peserta workshop diutamakan bagi mereka yang belum pernah menerbitkan buku, apalagi buku cerita anak. (Yang sudah pengalaman harusnya mulai nulis dong. Masak belajar melulu hehe)

3. Panitia berhak memilih calon peserta.

Sekali lagi jumlah peserta terbatas. Jika anda berminat ikut, silahkan tinggalkan data diri anda di ruang pendaftaran yang telah tersedia di forum.

Klik DISINI untuk menuju Ruang Pendaftaran

Nantikan pula kegiatan workshop online lainnya yang tengah dalam persiapan, seperti menulis cerpen, travel writing, fotografi, creative blogging dan lain sebagainya.

Oya, workshop online ini gratis lho. Eh tadi kan udah ya :)

Berikut apa yang dapat anda harapkan dalam workshop menulis cerita anak ini.

1. Penulisan Cerita Anak secara Umum
Mengenalkan peserta terhadap gambaran umum tentang penulisan cerita anak. Peserta dikenalkan juga dengan jenis-jenis buku anak beserta perbedaannya. Dengan gambaran ini, diharapkan peserta tidak lagi beranggapan menulis cerita anak itu [sangat] mudah, serta menggiring wawasan peserta agar dapat menentukan jenis cerita apa yang cocok dengan minat dan kemampuannya.

2. Memasuki dunia anak lewat gaya bahasa
Gaya bahasa cerita anak tentu saja berbeda dengan gaya bercerita untuk remaja atau dewasa. Dibutuhkan ketelitian dan pemilihan kosa kata yang tepat, sehingga anak dapat menyerap alur ceritanya dengan baik. Dengan begitu, pesan moral yang ingin disampaikan pun bisa mengenai sasaran. Dalam pelatihan ini akan diajarkan pengolahan kata dan kalimat agar diperoleh susunan yang pas untuk dibaca anak-anak.

3. Pencarian Tema Cerita
Tema cerita anak itu begitu beragam. Mulai dari tema persahabatan, persaingan di kelas, binatang peliharaan, petualangan, detektif cilik, sampai ke dunia fantasia. Tetapi, terkadang sulit sekali untuk menemukan ide yang pas. Bagaimana sebenarnya cara untuk menangkap ide cerita yang bertebaran di sekitar kita dengan menggunakan panca indera. Seperti apa pula itu?

4. Penokohan
Peserta diajak untuk menciptakan tokoh-tokoh cerita yang nantinya akan digunakan untuk menyusun cerita masing-masing. Peserta diharuskan membuat deskripsi dari masing-masing tokoh yang diciptakannya. Lalu, apakah dalam suatu cerita harus selalu ada tokoh antagonis, atau boleh protagonis saja?

5. Deskripsi dan Dialog
Peserta diajarkan cara membuat dialog dan deskripsi untuk ceritanya yang disusunnya. Apakah suatu cerita harus berisi banyak dialog antar tokoh? Apakah boleh hanya deskripsi saja?

6. Alur cerita dan setting
Alur cerita menjadi penting karena yang menjadi penentu menarik atau tidaknya sebuah cerita. Cerita yang datar tanpa konflik tentu tidak akan menarik . Begitu pula dengan pemilihan setting cerita. Bagaimana menggabungkan keduanya sehingga menjadi menarik untuk disajikan.

7. Membuat Cerita Anak menjadi Istimewa
Peserta diajak untuk menyusun cerita menjadi lebih istimewa. Bagaimana caranya agar cerita kita memiliki poin lebih. Bagaimana anak-anak dapat memperoleh lebih dari sekadar cerita yang menghibur. Peserta diajak untuk menggali keistimewaan masing-masing.

8. Tugas penulisan dan diskusi
Setiap penyampaian materi pelatihan akan diikuti dengan pemberian tugas kepada masing-masing peserta. Misalnya menciptakan tokoh cerita, membuat kalimat efektif, membuat dialog, membuat deskripsi, menyusun alur cerita, sampai kepada menulis sebuah cerita secara keseluruhan. Begitu pula, diskusi dan tanya jawab pun akan dilaksanakan di setiap session. Setiap peserta bisa mengajukan pertanyaan untuk didiskusikan.

18 Responses to “Workshop Online Menulis Cerita Anak”

  1. As Salam. Aku sudah daftar:)

  2. lischantik says:

    lilis tertartik
    tapi point yang no 8
    bikin jadi deg2gan hehehehe….

  3. puan says:

    Aku blm punya blog padahal pengen bnget ikut:(

  4. [...] This post was mentioned on Twitter by Workshop Talk, Ragil Duta, Labibah Zain, Rane 'JaF' Hafied, Indah Julianti S and others. Indah Julianti S said: Selamat pagi, selamat hari Minggu. Yuk belajar nulis dgn @iwokabqary http://blogfam.com/wordpress/?p=21 [...]

  5. arien says:

    Aku juga sudah daftar…:)
    @mba lis: daftar aja ya, biar kita belajar bareng2 :)

  6. indahjuli says:

    Ayo mbak Naqi, silakan berinteraksi.
    Lis, kenapa degdegan. Ayo kamu bisa

  7. Qotrunnada says:

    Assalamu’alaikum…waahhh…bisa ga ya…. :P *belum mulai kok deg-degan nih… :) *

  8. dian onasis says:

    udah bergabung, kayaknya udah di approve admin nih..

    kang iwoook.. uni ikutan ya.. kan belum pernah buat buku untuk anak2. satu2nya prestasi cuma bisa masuk 10 cerita pilihan dalam lomba majalah bobo tahun 2009 lalu. hiks sejak itu tak menulis lagi..

    semoga kalau bisa ikutan disini bisa memotivasi menulis buku anak2nya.. amiiin

  9. Malifo says:

    Baru gabung di blogfam, trus mau juga ikutan kegiatan ini, boleh tidak ya? ajang belajar nulis cerita untuk girls di rumah nih. Tolong diijinkan ya :)

  10. gajah_pesing says:

    untuk sementara mendukung aja… :)

  11. Santi says:

    nice post…
    kunjungi ini ya..
    klik ini
    thanks

  12. Hai…
    aku dah daftar yah!!!

  13. kox susah yah aq daftarnya???

  14. ichenzr says:

    yaaaa telaaaattttttt hiks

  15. [...] hal menarik yang terjadi dan pengen diposting tapi belum sempat aja. Jangankan posting, nengokin workshop online menulis cerita anak di Blogfam aja nggak sempat. Apalagi ngerjain tugasnya. Duh, kalo itu sekolahan mungkin saya sudah [...]

  16. Shusuui says:

    Met siang. Lam kenal ya. Lagi pengen blogwalking and baca2 tentang anak2. Nice story lah ^_^

  17. linda says:

    om ijin Copas ya, makasih :)

Leave a Reply